Mungkin sudah sering mendengar bahwa para istri enggan bercinta dengan suaminya pascamelahirkan. Namun, ternyata gairah sekskual tak hanya bisa menurun pada wanita saja. Banyak juga lho para istri yang 'ditolak' oleh suaminya ketika ingin bercinta.

Berbeda dengan pria, wanita lebih terbawa perasaan. Dengan begitu, ketika mendapat penolakan wanita cenderung lebih sensitif dan akan berpikir apa ada kesalahan yang dilakukan.

Ternyata suami ogah bercinta tak melulu karena ada perubahan terhadap istrinya, tetapi bisa juga ada masalah dalam kesehatan lho. Ada beberapa kasus penurunan libido disebabkan oleh kondisi medis, seperti masalah kardiovaskular atau diabetes.

Profesor Gary Wittert profesor kedokteran di University of Adelaide mengatakan bahwa penurunan kadar testosteron menjadi pengaruh yang besar terhadap gairah seks laki-laki. 

"Penurunan kadar testosteron bisa dihindarikan. Pasalnya perubahan testosteron sebagian besar disebabkan oleh perilaku merokok dan perubahan kesehatan, terutama obesitas dan depresi," ujar Profesor Gary dikutip Belly Belly (9/6/2021).

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa kadar testosteron pada pria terus menurun karena gaya hidup yang tak sehat. Pola makan yang buruk dapat berdampak pada kadar testosteron, seperti halnya stres dan alkohol.

Makanan dan minuman yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada gairah seksual. Penelitian telah menunjukkan bahwa gairah seks wanita bisa berkurang ketika kurang tidur. Hal ini juga dialami pada pria. Penelitian ini mengungkapkan hanya dalam satu minggu memiliki waktu tidur yang terganggu bisa mengakibatkan penurunan kadar testosteron.

Baca Juga: Ingin Semakin Liar di Ranjang? Minta Suami Sentuh Bagian Tubuh Ini Deh Biar Makin Nikmat!

Nah itu dia beberapa penyebab gairah seks pada suami menurun. Jadi, jangan berburuk sangka dulu ya, Beauty!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas