Setelah menikah, banyak pasangan yang ingin segera memiliki anak dan mengikuti program kehamilan. Namun, ada beberapa wanita yang sulit untuk hamil.

Beauty, kalau kamu memiliki masalah sulit hamil langsung segera konsultasikan pada dokter, ya. Dengan langsung berkonsultasi pada ahlinya, masalahmu akan diatasi dengan sebaik mungkin.

Perlu kamu ketahui, ada beberapa penyebab wanita sulit untuk hamil melansir dari beberapa sumber (10/6/2021). Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Endometriosis

Endometriosis merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan jaringan dinding rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim. Pertubuhannya sering terjadi pada indung telur (ovarium) dan tuba falopi. Menurut para ahli, hampir separuh penderita endometriosis mengalami ketidaksuburan dan menyebabkan sulit hamil. 

Sumbatan di tuba falopi

Tuba falopi adalah dua saluran tempat sel telur turun dan mengalir dari indung telur menuju rahim. Kalau saluran ini tersumbat, sel telur enggak akan bisa sampai ke rahim untuk dibuahi oleh sel sperma. Makanya, wanita jadi sulit untuk hamil.

Baca Juga: Mengajak Bicara Janin dalam Kandungan Ternyata Bermanfaat Lho Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas