Moms, ketika kamu sedang repot mengurus rumah atau sibuk bekerja mungkin akan berpikir untuk mencampurkan pemberian ASI dengan susu formula agar si kecil tetap bisa mendapatkan nutrisi yang baik. Namun, sebenarnya boleh atau enggak ya?

Pemberian ASI dan susu formula secara bersamaan boleh dilakukan. Pada beberapa kasus, jumlah ASI yang sedikit bisa ditambah susu formula supaya bisa tetap memenuhi kebutuhan bayi.

Meski boleh dilakukan, tapi enggak boleh sembarangan ya, Moms. Sebelum memberikan ASI yang dicampur susu formula ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Apa saja?

  1. Kalau menggunakan susu formula bubuk, kamu harus menyeduhnya dulu sesuai petunjuk kemasan mengguanakan air yang bersih.
  2. Enggak boleh menggunakan ASI dicampur sufor sebagai pengganti air untuk melarutkan atau menambahkan bubuk susu formula langsung ke botol ASI karena bisa mengubah nutrisinya dan berbahaya untuk si kecil.
  3. Jangan menambahkan air berlebihan ke dalam susu formula karena dapat mengurangi nutrisi.
  4. Jangan menambahkan air terlalu sedikit karena bisa membebani ginjal dan saluran pencernaan bayi.
  5. Setelah menyeduh susu formula dengan takaran air yang tepat, kamu bisa menambahkan ASI.

Meski ASI boleh dicampur dengan susu formula, akan lebih baik kalau pemberian ASI lebih dominan. Si kecil akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna susu formula. Makanya, ASI adalah pilihan yang terbaik.

Baca Juga: Lagi Cari Sufor untuk Si Kecil? Cobain Bebelove Deh, Bisa Digunakan Sejak Usia 0 Bulan

Sebelum kamu memberikan si kecil ASI yang dicampur susu formula, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter, ya. Dengan berkonsultasi, kamu bisa menentukan berapa banyak susu formula yang bisa dicampur dengan ASI.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas