Sempat ramai kutipan dari aktris wanita Dian Sastrowardoyo yang mengatakan: "Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang perempuan wajib berpendidikan tinggi karena mereka akan menjadi seorang ibu. Ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas."

Kutipan di atas memang penting untuk diperhatikan oleh perempuan. Entah nantinya akan berakhir menjadi ibu rumah tangga ataupun wanita karir, memiliki pendidikan yang tinggi sangat penting bagi perempuan.

Namun, selain untuk memiliki anak yang cerdas, alasan bahwa perempuan penting untuk mengenyam pendidikan yang tinggi juga menjadi modal untuk kemajuan suatu bangsa. Dilansir dari bbc.com, Mantan Perdana Menteri Australia, Julia Gillard, mengatakan bahwa sebanyak 130 juta perempuan masih belum mendapat pendidikan yang setara.

Mengapa perempuan begitu penting bagi kemajuan suatu bangsa? Simak penjelasan yang dikutip dari borgenproject.org berikut, yuk!

1. Meningkatkan Tingkat Literasi

Sekitar 163 juta anak muda di seluruh dunia yang mengalami buta huruf, didominasi oleh perempuan dengan sebanyak 63%. Meningkatkan pendidikan bagi perempuan, artinya, tingkat literasi juga akan meningkat dan mendorong pertumbuhan di suatu daerah

2. Menghindari Human Trafficking

Menurut data dari PBB, perempuan merupakan pihak yang rentan diperjual belikan. Perempuan yang berpendidikan rendah atau tidak pernah mengenyam dunia pendidikan, menjadi korban utama dalam human trafficking.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas