Setiap orang tua pasti ingin anaknya memiliki pendidikan yang baik dan layak. Biaya pendidikan anak pun tentunya menjadi hal yang harus dipikirkan sejak dini agar nantinya orang tua memiliki persiapan yang cukup

Untuk itu, simak penjelasan berikut mengenai pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini, sebelum anak mulai bersekolah.

1.  Wajib

Dana pendidikan merupakan dana yang wajib disiapkan agar anak dapat mengenyam pendidikan yang layak. Dilansir dari kompas.com, CoFounder dan Kepala Penasihat Keuangan Jouska Indonesia, Indah Hapsari, mengatakan bahwa orang tua wajib memenuhi kebutuhan mendasar anak di mana salah satunya adalah dana pendidikan.

2. Pendidikan yang Semakin Mahal

Dari tahun ke tahun, dana pendidikan biasanya naik sekitar 15 persen. Ditambah, Indonesia belum memiliki regulasi yang mengatur dan membatasi tarif pendidikan. Hal ini menjadi faktor yang membuat orang tua harus menyiapkan dana pendidikan dengan membutuhkan berapa angka pasti yang dibutuhkan.

"Cari biaya di sekolah itu saat ini plus per tahun tambah 15 persen. Baru setelah itu hitung umur anak anda dan kapan anak anda sekolah. Dari situ terlihat besaran dana yang bisa anda kumpulkan per bulan," ujar Indah, dikutip dari kompas.com

3. Kualitas Sekolah Berkaitan dengan Biaya 

Biaya sekolah yang mahal kerap kali disamakan dengan kualitas sekolah yang disediakan. Padahal, biaya yang mahal belum tentu menentukan bahwa suatu sekolah memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga: Jangan Bimbang, Ini 4 Alasan Pentingnya Menyiapkan Asuransi Pendidikan Anak

Untuk itu, selain mempersiapkan estimasi biaya pendidikan anak, orang tua juga perlu untuk mempertimbangkan tingkat pendidikan yang cocok bagi anak.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas