Menyusui adalah salah satu momen yang paling membahagiakan bagi para ibu. Pasalnya dengan menyusui, nutrisi yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhannya bisa terjamin.

Namun, ada hal yang kerap kali diabaikan setelah selesai menyusui si kecil. Bagian penting dari menyusui adalah dengan membuat bayi bersendawa. Hal ini sangat penting dan memberikan pengaruh besar terhadap kesehatannya lho.

Melansir laman Kids Health (11/6/2021) bersendawa membantu membuang sebagian udara yang cenderung ikut 'ditelan' bayi saat menyusu. Jika si kecil jarang bersendawa, itu akan menyebabkan terlalu banyak udara masuk sehingga membuat bayi gumoh hingga terlihat sangat rewel karena sulit mengeluarkan gas.

Beberapa bayi memang memiliki lebih banyak gas ditubuhnya daripada bayi lain. Untuk itu, bayi perlu bersendawa lebih sering daripada anak balita dan orang dewasa.

Baca Juga: Moms, Jangan Disepelekan Ya! Ini Bahayanya Penyumbatan Air Mata pada Bayi, Bisa Infeksi Lho

Bersendawa pada bayi harus dilakukan baik di siang hari ataupun malam hari.  Bahkan jika bayi tertidur, cobalah untuk menyendawakannya selama beberapa menit. Hal ini dilakukan agar saat bangun tidur bayi tak merasa kesakitan karena adanya gas yang terperangkap di perutnya.

Saat menyendawakan bayi, tepukan lembut berulang kali pada punggung bayi. Untuk mencegah gumoh, ibu bisa meletakkan handuk atau celemek di bawah dagu bayi. Cobalah berbagai posisi bersendawa yang nyaman bagi ibu dan juga untuk bayi.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas