Bayi membutuhkan tidur yang dapat membantu pertumbuhan hormon untuk merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, hingga mengatur metabolisme tubuh serta perkembangan otak bayi.

Waktu yang dibutuhkan bayi untuk tidur, yakni sekitar 18 jam per hari. Namun, mulai measuki umur 2 bulan hingga 1 tahun, waktu tidur bayi akan berkurang menjadi 12-14 jam. Pada umur ini, bayi belum mengenal waktu siang dan malam hingga akhirnya bayi sering tidur terlalu lama di siang hari.

Hal itu mengakibatkan orang tua sering kali bangun tengah malam karena bayi yang sering tidak nyenyak ketika tidur di malam hari.

Berikut 11 cara membuat bayi tertidur nyenyak di malam hari, dilansir dariĀ Popmama.com.

1. Tenangkan dengan Membedong Bayi

Bayi menyukai udara yang hangat. Menggunakan bedong dapat mengatasi rasa dingin dan refleks kejut. Pilihlah kain bedong yang lembut dan nyaman di kulit bayi.

2. Mengurangi Frekuensi Mengganti Popoknya

Baca Juga: Bayi Senyum saat Tidur Tanda Diganggu Makhluk Halus, Mitos atau Fakta Ya?

Dokter anak menyarankan untuk mengurangi penggantian popok bayi terlalu sering. Menjelang waktu tidur di malam hari, pakaikan popok pada bayi dengan daya serap tinggi dan antibocor.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas