Menu

Jangan Takut Makan Seafood, Kandungan Ini Ternyata Dapat Bermanfaat Bagi Kesehatan

11 Juni 2021 17:45 WIB
Jangan Takut Makan Seafood, Kandungan Ini Ternyata Dapat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Makanan Laut. (Pixabay/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Makanan laut atau seafood merupakan hidangan makanan yang berasal dari olahan tumbuhan dan hewan laut. Makanan laut memiliki kandungan gizi dan segudang manfaat bai tubuh. Namun, tak jarang, sebagian orang justru merasa takut memakan seafood karena dianggap dapat memicu penyakit.

Tapi, nyatanya, hidangan laut memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa hidangan laut yang kaya akan nutrisi dan baik bagi kesehatan, dilansir dari sehatq.com pada Jumat (11/06/2021).

1. Ikan Kembung

Ikan kembung memiliki kandungan yang kaya akan vitamin B12, omega-3, dan selenium. Vitamin B12 berperan penting bagi sistem kardiovaskuler, perkembangan kognitif serta kesehatan tulang dan mata.

Sedangkan, asam lemak omega-3 bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan otak. Selain itu, mineral selenium yang ada pada ikan kembung juga dapat membangun sistem kekebalan, produksi hormon, dan memiliki sifat antioksidan.

2. Kerang

Kerang kaya akan kandungan protein, omega-3, vitamin B12, serta mineral besi, zinc, dan magnesium.

Kandungan ini bermanfaat bagi tubuh karena dapa tmenjaga sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan omgea-3, protein, vitamin B, vitamiin D, serta mineral magnesium, potasium, dan selenium. Melalui kandungan ini, ikan salmon dapat menurunkan risiko penyakit janjtung, demensia, dan depresi.

4. Kepiting

Meskipun kepiting sering kali dianggap sebagai salah satu makanan laut yang dapat menimbulkan penyakit. Ternyata, kandungan asam lemak omega-3, vitamin B12, folat, dan selenium dapat membuat tubuh sehat. 

Manfaat bagi tubuh jika mengonsumsi kepiting adalah terjaganya kesehatan jantung dan otak, serta mencegah anemia.

5. Udang

Udah mengandung protein tinggi, omega-3, fosfor, kalsium, vitamin B12, kalsium, besi, magnesium, potasium, zinc, selenium, dan kolin yang baik bagi tubuh.

Nutrisi pada udang dapat menjaga kesehatan jantung dan otak, menguatkan tulang dan gigi, hingga baik untuk kehamilan.

Itulah beberapa hidangan laut yang memiliki kandungan bermanfaat bagi tubuh. Jangan takut untuk mencoba, ya!

Baca Juga: Kangen Makan Seafood di Restoran? Yuk, Masak Cumi Saus Padang Sendiri di Rumah! Begini Resepnya

Baca Juga: Suka Hidangan Laut? Begini 5 Aturan Makan Seafood Biar Kolesterol Tak Melonjak

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Jasmine Rahmanizahra Sumirat