Psoriatic arthritis merupakan penyakit pada sendi yang membuat sendi mengalami radang. Penyakit ini biasanya sering dialami oleh penderita psoriasis. Diawali dengan munculnya gejala kulit menjadi ruam merah dan bersisik.

Menurut penelitian tahun 2019 berjudul Systematic Review of Mental Health Comorbiditites in Psoriatic Arthritis, sebanyak 1 dari 3 pasien psoriatic arthritis mengalami kecemasan berlebih. Selain itu, 1 dari 5 kasus juga melaporkan terjadinya depresi ringan.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui dampak lain dari kesehatan mental pada penderita psoriatic arthritis, dikutip dari sehatq.com.

1. Perubahan di Otak

Kasus psoriasis sering kambuh jika penderita mengalami stres. Hal ini dipengaruhi karena adanya peradangan dalam tubuh sehingga tubuh memproduksi sitokin. Melalui produksi ini, adanya pengaruh yang didapat terhadap perubahan di area otak tertentu dan mengatur emosi.

2. Risiko Depresi Lebih Tinggi

Penderita psoriatic arthritis dapat mengalami depresi. Jumlah ini diperkirakan sekitar 20% penderita atau dua kali lpat lebih tinggi dari populasi orang dewasa pada umumnya.

3. Enggan Berobat

Ketika penderita mengalami depresi, ia merasa tidak mau untuk mengonsumsi obat atau menjalani gaya hidup sehat demi kesembuhannya. Hal ini membuat penderita akan memiliki penyakin yang kian parah.

Baca Juga: Sederet Masalah Kesehatan Ini Bisa Diatasi dengan Berhubungan Seks Lho, Apa Saja Ya?

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas