Penyakit jantung enggak hanya diderita oleh orang yang sudah tua saja, anak-anak juga bisa, lho. Penyakit jantung yang menyerang anak-anak atau bayi yang baru lahir disebut dengan penyakit jantung bawaan.

Lantas, apa penyakit jantung bawaan pada si kecil bisa disembuhkan?

Sebenarnya, penyakit jantung bawaan enggak terlalu parah dan bisa disembuhkan. Namun, ada beberapa kasus dengan kondisi parah yang memang membahayakan nyawa pengidapnya.

Pada kondisi ringan, pengidap penyakit jantung bawaan hanya perlu menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan dokter untuk melihat perkembangan kondisi jantung. 

Namun, pada kondisi yang parah, pengidapnya perlu melakukan operasi atau pemberian obat supaya kondisi jantung bisa kembali sehat seperti semula.

Penyakit jantung bawaan biasanya terdeteksi sesaat setelah proses persalinan selesai. Namun, ada juga jenis kelainan yang gejalanya baru dirasakan saat sudah dewasa. Apa saja gejalanya?

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Inilah 5 Minuman yang Sehat untuk Jantung, Wajib Dicoba!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas