Hubungan saudara biasanya digambarkan sebagai hubungan yang unik, intim, menyenangkan, dan tak terpatahkan. Namun, ternyata, rasa iri dan sakit hati terhadap saudara sendiri dapat terjadi. Perasaan ini pun dapat dissebut sebagai toxic siblings.

Dilansir dari schoolofparenting.id, menurut Shannon Thomas, pekerja sosial sekaligus terapis, banyak kliennya yang merasa bersalah atas hubungan saudara kandung yang kurang sempurna.

Menurut penelitian dari Universitas Cambridge, sekitar 68% perserta merasa malu setelah memisahkan diri dari anggota keluarga. Selain itu, dari 807 peserta, 361 orang berpisah dengan saudara perempuan, 362 orang berpisah dengan saudara laki-laki, dan 118 orang berpisah dari keduanya.

Hasil survei tersebut memuktikan bahwa pada dasarnya, tidak semua orang memiliki hubungan saudara yang dekat. Berikut, tanda jika hubungan persaudaraan kamu mengalami toxic siblings dilansir dari bustle.com

1. Manipulatif

Menurut Whitney, seorang terapis, toxic siblings dapat dilihat jika salah satu saudara membuat kita merasa bersalah kalau mengatakan "enggak."

2. Interaksi yang Dilakukan Membuat Lelah

Baca Juga: Catat! Begini Beberapa Tanda Keluarga Toxic yang Sering Diabaikan

Kamu harus selalu mengikuti apa yang dia mau dan terpaksa mengorbankan hal lain demi menyenangkan hati saudara kamu, artinya hubungan ini adalah toxic siblings.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas