Di tengah pandemi, perencanaan pernikahan melalui pemanfaatan teknologi semakin ramai diburu para calon pengantin. Hal tersebut dikarenakan perencanaan pernikahan secara online dinilai lebih praktis dan efisien.

Tren penrnikahan di era new normal membuat jangka waktu perencanaan pernikahan menjadi lebih singkat. Menurut data Bridestory terkait industri pernikahan di 2020 lalu, sekitar 31,51 persen calon pengantin membutuhkan waktu kurang dari tiga bulan untuk mempersiapkan pernikahan.

"Konsep intimate wedding juga semakin menjadi tren. Kebanyakan pasangan hanya mengundang 30 orang untuk prosesi pemberkatan maupun akad nikah, sedangkan 60 tamu untuk sesi resepsi," jelas Gisela Setyawan, selaku Senior Head of Wedding Business Bridestory saat acara Virtual Media Briefing, Senin (14/6/2021).

Tokopedia bersama Bridestory membagikan beberapa tips dan inspirasi untuk mempermudah calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan di saat pandemi. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Tentukan konsep

Pertama, kamu harus menentukan konsep pernikahan yang diinginkan. Penggunaan warna cerah bisa diterapkan dalam konsep pernikahan modern, tradisional, maupun kontemporer. 

"Perpaduan warna, motif, dan dekorasi bunga yang colorful akan terlihat harmonis jika digunakan pada konsep pernikahan outdoor yang semakin banyak diminati saat ini," kata Gisela.

Baca Juga: Tokopedia Start Summit: Ajang Berbagi Ilmu dalam Konferensi Teknologi

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas