Menunda pekerjaan sering kali dilakukan oleh sebagian besar orang. Hal ini kemudian menjadi kebiasaan seseorang, misalnya menunda pekerjaan sekolah atau pun pekerjaan kantor. 

Tetapi, ternyata kebiasaan menunda pekerjaan ini bukanlah hal yang baik. Terutama dari segi kesehatan. Untuk itu perhatikan pembahasan berikut mengenai dampak kesehatan yang diakibatkan bila terbiasa menunda pekerjaan dilansir dari halodoc.com

1. Meningkatkan Stres

Dr Fuschia Sirois dari University of Sheffield Inggris, mengungkapkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan untuk menunda pekerjaan cenderung memilik tingkat stres yang lebih tinggi. 

Selain itu, mereka juga memiliki simpati yang lebih rendah terhadap diri sendiri dibandingkan dengan orang lain. Menurut jurnal Psychological Science tahun 2017, hubungan antara menunda pekerjaan dengan neurosis, salah satu bagian kepribadian, berkaitan erat dengan perasaan cemas, khawatir, atau frustrasi yang sering dialami deadliners.

2. Memperburuk Kesehatan Fisik

Kebiasaan menunda pekerjaan juga berdampak pada kesehatan fisik. Menurut Fushia M. Sirois pada tahun 2003 dan penelitiannya yang lain pada tahun 2015, membuktikan bahwa kebiasaan menunda pekerjaan dapat memicu hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Demikianlah beberapa dampak yang akan didapat jika kita terbiasa menunda pekerjaan. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk mengerjakan tugas, ya!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas