Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memang seharusna dilestarikan. Namun, kini memakai batik seringkali dianggap sebagai gaya busana yang tua dan membuat generasi muda terkadang ragu untuk memakainya.

Selain itu, stigma bahwa batik merupakan baju resmi untuk ke sebuah acara formal juga menjadikan pemakaian batik jarang dipakai untuk sehari-hari. Untuk itu, perhatikan tips dibawah ini agar penampilan kamu menggunakan batik jadi lebih stylish!

1. Pilih warna terang

Memilih warna cerah ketika memakai batik akan membuat penampilan terlihat lebih segar. Ini dapat membuat kamu lebih pede untuk memakai batik.

2. Pilih motif berbeda untuk berbagai acara

Banyaknya motif unik yang dimiliki batik dapat menimbulkan suasana yang berbeda. Untuk menghadiri acara formal, pilihlah motif batik yang penuh dan rumit untuk kesan yang lebih elegan. 

Sedangkan, untuk menghadiri acara yang lebih kasual, pilih motif yang sederhana sehingga berukuran besar. Ini akan membuat penampilan kamu terlihat lebih santai.

3. Pilih model baju yang mengikuti tren

Baca Juga: Peringati Hari Batik Nasional, Kini Budaya Batik Bisa Dinikmati di Google Arts and Culture!

Agar terlihat lebih stylish, pilih model baju batik yang mengikuti tres. Misalnya, model baju batik seperti off shoulder, ruffle, baby doll, peplum, dan lainnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas