Dimas Djayadiningrat, salah satu sutradara ternama tanah air ternyata memiliki kepedulian dengan masalah kelestarian lingkungan. Salah satunya adalah dengan memilah sampah yang telah ia lakukan sejak lama.

Dimas Djayadiningrat atu akrab disapa Djay mengatakan bahwa dirinya memiliki dua alasan utama untuk peduli pada masalah lingkungan. Hal ini diungkapkan dirinya ketika menjadi pembicara dalam webinar "Unilever Indonesia Dorong Peran Aktif Masyarakat untuk Restorasi Ekosistem Melalui #GenerasiPilahPlastik."

Djay mengatakan alasan pertama dirinya peduli masalah lingkungan, yakni dia tidak ingin menjadi bagian dari orang-orang yang tidak bisa menjaga kebersihan seperti membuang sampah sembarangan.

Kemudian, alasan kedua yang dikatakan Djay adalah ia ingin anaknya berperilaku sadar akan lingkungannya. Salah satunya, memberi contoh kepada anaknya dengan melakukan memilah sampah serta tidak membuah sampah sembarangan dan sebisa mungkin zero waste.

"Hal ini semua berdasarkan pengalaman saya. Saya ingin anak saya nantinya jadi generasi sadar sampah. Menurut saya, ini bukan pekerjaan satu dua orang atau pemerintah," ujar Djay dalam webinar "Unilever Indonesia Dorong Peran Aktif Masyarakat untuk Restorasi Ekosistem Melalui #GenerasiPilahPlastik" pada Selasa (15/6).

Djay juga mengatakan bahwa memilah sampah bukanlah usaha yang mudah karena memutuhkan effort lebih.

"Ketika melakukan reduce atau mengurangi, reuse atau memakai ulang itu kita harus ikhlas karena ngerjain ini ada effort," ucapnya.

Djay juga menambahkan bahwa hal ini untuk kebaikan kita semua sehingga harus dimulai dari mental untuk sampai bertekad yang nantinya akan memudahkan segalanya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas