Bahasa untuk mengungkapkan maaf merupakan bahasa yang digunakan ketika kamu ingin memberikan dan menerima kata maaf. Bahasa ini juga memiliki istilah apology language yang memiilki berbagai jenis.

Bahasa permintaan maaf ini digunakan karena setiap orang yang ditemui memiliki sifat yang berbeda. Untuk itu, simak penjelasan berikut mengenai apology language dilansir dari cosmopolitan.co.id.

Pengertian Apology Language

Gary Chapman, PhD bersama Jeniffer Thomas dalam bukunya berjudul The Five Languages of Apology, mengatakan bahwa pada dasarnya, apology language itu adalah cara kamu untuk menyampaikan atau menunjukkan rasa maaf.

Terdapat lima jenis apology languages, yaitu:

1. Expressing regret, "Saya merasa malu karena menyakitimu."

2. Accepting responsibility, "Saya salah karena telah melakukannya padamu."

3. Genuinely repent, "Saya hanya bisa membayangkan rasa sakit yang saya sebabkan, saya monta maaf. Saya tidak akan melakukannya lagi. Lain kali saya akana melakukannya dengan cara berbeda."

4. Making restitution, "Ini adalah bagaimana saya akan memperbaikinya untukmu.""

5. Requesting forgiveness, "Akankah kamu memafkan saya karena telah mengecewakanmu?"

Pentingan Mengetahui Apology Language

Menurut Leela R. Magavi, MD, apology languages memungkinkan individu memperkuat hubungan mereka dengan meningkatkan kemampuan untuk memfasilitasi pengampunan. Memahami bahasa permintaan maaf juga dapat membantu idividu meminta maaf dengan cara di mana semua pihak merasa didengarkan dan dihargai.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas