Menu

Jangan Sampai Boncos, Ini Cara Mengatur Uang Belanja! Catat Ya Moms

Nada Saffana
18 Juni 2021 18:00 WIB
Jangan Sampai Boncos, Ini Cara Mengatur Uang Belanja! Catat Ya Moms

Ilustrasi seorang wanita memperhatikan tanggak kedaluwarsa serta label gizi saat berbelanja bahan makanan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Keuangan jadi masalah setiap orang. Enggak pandang bulu, baik masih hidup sendiri atau sudah bekeluarga masalah keuangan akan selalu menghampiri.

Ketika masalah keuangan jadi salah satu masalah keluarga, tentu akan menimbulkan masalah-masalah lain. Untuk itu, sangat penting mengelola keuangan atau cash flow dengan baik.

Salah satu cara untuk mengelola keuangan adalah dengan mengatur uang belanja. Sering dianggap sepele, ternyata jika kita salah mengatur uang belanja bisa berakibat fatal lho. Dilansir dari Finansialku berikut ini tips mengatur uang belanja:

1. Belanja di Pasar Tradisional

Hal pertama yang bisa dilakukan guna mengatur uang belanja adalah dengan mencoba membeli bahan makanan di pasar. Setidaknya kamu bisa menghemat 30 persen jika kamu berbelanja di pasar tradisional.

Kamu bisa memenuhi kebutuhan harian keluarga dengan makanan yang lebih sehat dari barang-barang kebutuhan yang tersedia di pasar tradisional, ditambah lagi dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika kamu berbelanja di pasar modern.

2. Masak Sendiri

Di tengah perkembangan zaman, segala hal sudah bisa dibeli dengan telepon genggam. Terlebih ketika masa pandemi dan terpaksa harus berdiam diri di rumah, tren memesan makanan dengan ojek online jadi semakin meningkat.

Tapi, ternyata kebiasaan membeli makanan bisa menganggu pengeluaran lho. Kamu akan menjadi lebih boros ketika membeli makanan dibanding dengan memasaknya sendiri. 

Memasak adalah salah satu strategi paling jitu untuk menghemat pengeluaran dan belanja kebutuhan keluarga. Apalagi, memasak sendiri di rumah bisa lebih terjamin kebersihannya.