UNTUK.INDONESIA merupakan inisiasi kolaboratif Paragon Technology and Inovation (Paragon), Ganara Mariberbagi Seni (Ganara Art) dan Pemimpin Indonesia (Pemimpin.id) untuk menggerakkan perubahan baik di tengah masyarakat melalui peningkatan kapasitas kreativitas, kepemimpinan, inklusivitas yang inovatif dan berkesinambungan.

Program ini dijalankan karena adanya kesadaran bahwa Indonesia adalah negara yang besar, memiliki potensi sekaligus tantangan yang besar untuk menjadi ekosistem yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakatnya.

Untuk merealisasikan potensi yang ada, perlu partisipasi dari seluas-luasnya masyarakat Indonesia karena kita memiliki kemampuan yang dapat dikontribusikan UNTUK.INDONESIA.

Founder Ganara Art Space, Tirta Djumaryo mengatakan bahwa UNTUK.INDONESIA akan mengadakan roadshow ke berbagai kota, seperti Bandung, Jakarta, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banyuwangi, dan Bali.

Dalam roadshow ini akan ada pelatihan kreativitas dan kepemimpinan sebagai bentuk peningkatan kapasitas bagi komunitas lokal dan juga para jurnalis.

"Perubahan sosial yang didirikan sejak 2014 oleh Ganara Art, kami percaya bahwa semua anak Indonesia berhak mendapat kesempatan untuk mengekspresikan diri dan diapresiasi yang dapat diperoleh lewat seni," ujar Tirta dalam acara Creative Media Gathering pada Jumat (18/6/2021).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas