Menu

Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

03 Januari 2020 12:38 WIB
Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

Penggunaan Tisu Toilet

HerStory, Jakarta —

Beauty, tentu sejutu kan dengan statement kebersihan Miss V adalah yang paling utama? Biasanya salah satu cara menjaga kebersihannya dengan membuat area Miss V tetap kering usai buang air kecil maupun air beras. Membuatnya tetap kering dengan menggunakan tisu toilet, tentu hampir dilakukan oleh kebanyakan wanita.Namun, amankan penggunaan tisu toilet untuk area Miss V?

Melansir dari laman Glamour, menurut ahli urogynecologist on-gyn Pari Ghodsi, M.D. Michael Ingber, M.D., tisu toilet dapat mengiritasi vulva dan vagina wanita, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, tisu toilet juga dapat menyebabkan semua jenis infeksi jika penggunaanya tidak benar.

Bagi Beauty yang sudah terlanjur sering menggunakan tisu toilet, tak perlu khawatir. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dampak penggunaan tisu toilet di kemudian hari yang perlu kamu hindari:

Reaksi alergi

Bahan kimia seperti pewangi yang terdapat dalam kandungan tisu toilet akan memberikan reaksi alergi. Hal ini dapat menyebabkan vulvitis, yaitu suatu kondisi yang kerap muncul seperti rasa gatal, terbakar, kemerahan, atau bengkak. Jika mengalami gejala ini, Beauty disarankan untuk berhenti menggunakannya atau mengganti dengan tisu yang tidak beraroma.

Infeksi ragi

Selain itu, bahan pewangi tersebut juga mengganggu pH normal vagina dan menyebabkan infeksi jamur. Jika teru menerus menyebabkan infeksi, beralihlah ke tisu dengan kandungan hypoallergenic.

Mikrokut

Menyeka terlalu kasar dengan menggunakan tisu toilet dapat membuat luka kecil pada vulva. Asisten Profesor Kebidanan dan Ginekologi Klinis Jessica Shepherd, MD mengatakan, jaringan pada area vulva sangatlah halus dan mikrokut tersebut dapat menyebakan iritasi, pembengkakan, hingga infeksi jika tidak dirawat dengan tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, para ahli merekomendasikan agar kamu mengoleskan air susu bukan menyekanya.

Bengkak

Banyak tisu toilet yang memiliki kandungan pewangi, pewarna, dan bahan kimia lainnya yang dapat mengiritasi kulit dan bengkak. Seorang pakar ahli membuktikannya, tisu toilet berwarna putih mungkin mengandung pewarna putih yang dapat menggangu organ intim.

Menyekanya secara berlebihan juga dapat membuat Miss V bengkak, jika beauty mengalami hal tersebut beralihlah untuk menggunakan tisu toilet yang lebih lembut.

Nah, Beauty mulai sekarang harus lebih berhati-hati dalam menggunakan tisu toilet. Jika di antaramu mengalami masalah di atas segerlah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

Baca Juga: Vagina Beraroma Seperti Bawang, Bahaya Enggak Sih? Ini Kata Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha