Mewarnai memang menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Pasalnya, tak hanya menyenangkan, tetapi mewarnai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mendal serta perkembangan saraf si Kecil.

Kini, buku mewarnai pun memilki banyak objek yang dapat dipilih oleh anak. Nah, untuk itu, simak penjelasan berikut mengenai manfaat mewarnai bagi kesehatan mental anak, dikutip dari berbagai sumber.

1. Mengenalkan warna

Manfaat yang paling mendasar dari mewarnai, yakni mengenalkan warna pada anak. Mewarnai menjadi kegiatan yang menarik untuk dapat mengenalkan warna, dimulai dari warna yang mencolok terlebih dahulu, seperti merah, hijau, biru, kuning, atau hitam. 

Selanjutnya, kenalkan warna turunan, seperti cokelat, merah muda, hijau muda, dan sebagainya.

2. Merangsang kreativitas

Mewarnai juga dapat menjadi media anak untuk menumpahkan kreativitasnya. Anak dapat menyalurkan ide yang ada di kepala sesuai dengan imajinasinya. Maka dari itu, jangan memarahi anak jika ia melakukan kesalahan ketika sedang mewarnai.

3. Melatih saraf motorik halus

Saraf motorik halus, yakni koordinasi otot, tulang, dan saraf pada tubuh anak akan terlatih melalui kegiatan ini. Misalnya, anak akan dilatih untuk memegang pensil warna menggunakan jari-jarinya.

Kemampuan motorik halus sangat penting bagi anak ketika bersekolah. Hal ini untuk menghindari anak kesulitan ketika makan, menulis, hingga hal sederhana seperti mengaitkan kancing baju.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas