Beauty, apa kamu sudah tahu apa itu pemanis erythritol? Erythritol merupakan jenis golongan gula yang sangat rendah kalori dan aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Pemanis erythritol menghasilkan kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan gula pasir biasanya. Kalau gula pasir menghasilkan 4 kalori setiap gramnya, maka erythritol hanya menghasilkan kalori 0,24 setiap gramnya.

Pemanis erythritol ini merupakan jenis pemanis yang termasuk pada golongan gula alkohol. Pemanis ini ditemukan secara alami dalam jumlah kecil ada buah dan sayur, seperti anggur, jamur, buah pir, dan buah persik.

Melansir dari berbagai sumber (21/6/2021), berikut ini beberapa manfaat pemanis erythritol untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Turunkan risiko penyakit jantung

Dalam sebuah penelitian, konsumsi 36 gram erythritol setiap hari selama satu bulan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah. Hal ini yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

Gak memicu lonjakan gula darah

Pemanis erythritol enggak memiliki efek terhadap gula darah atau kadar insulin karena tubuh manusia enggak memiliki enzim untuk mencerna pemanis ini. 

Saat diserap menuju aliran darah, erythritol akan dikeluarkan dari tubuh tanpa perubahan melalui urine. Inilah yang membuat erythritol enggak berefek pada kenaikan kadar kolesterol dan trigliserida.

Aman untuk gigi

Menurut Foods and Drugs Administration (FDA), erythritol baik untuk kesehatan gigi karena dapat memperlambat pertumbuhan salah satu jenis bakteri di mulut. Pemanis ini juga membantu mengurangi asam yang dihasilkan oleh bakteri tersebut.

Baca Juga: Diabetes Harus Diperhatikan Saat Pandemi, Coba Lakukan 5 Aktivitas Ini untuk Mengontrol Kadar Gula Darahmu!

Nah, itulah beberapa manfaat pemanis eryhtritol yang baik untuk tubuh. Yuk, segera konsumsi!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas