Moms, mungkin kamu heran kalau bayi sering kentut dengan suara yang cukup nyaring seperti orang dewasa. Nah, kalau bayi sering kentut itu wajar atau enggak sih?

Bayi yang sering kentut itu bukanlah masalah yang besar. Kalau bayi rewel karena sering kentut juga masih normal kok, Moms. Sering kentut, tapi enggak BAB sering kali dirasakan oleh bayi yang baru lahir.

Sistem pencernaan bayi bekerja seperti orang dewasa pada umumnya. Saat ada makanan atau ASI masuk ke sistem pencernaan, maka usus halus akan menyerap zat yang bermanfaat dan limbahnya akan diolah menjadi feses dan gas.

Melansir dari berbagai sumber (21/6/2021), berikut ini beberapa penyebab bayi sering kentut yang Moms harus tahu. Yuk, perhatikan dengan baik ya, Moms.

  1. Menelan banyak udara
  2. Menangis terlalu lama
  3. Masalah pencernaan ringan
  4. Mengenal makanan baru
  5. Sistem pencernaan masih berkembang

Moms, kalau si kecil enggak nyaman karena banyak gas di dalam perutnya, maka kamu bisa melakukan beberapa hal untuk membantunya. Apa saja ya?

  1. Memijat perut bayi.
  2. Angkat kepala bayi lebih tinggi dari posisi perutnya.
  3. Gerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda.
  4. Biasakan bayi berada dalam posisi tummy time atau tengkurap.

Baca Juga: Awas! Ini yang Akan Terjadi Jika Si Kecil Kekurangan Zat Besi

Kalau si kecil masih enggak nyaman, coba langsung konsultasikan kepada dokter ya, Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas