Mastercard dan PT Bank Commonwealth hari ini, Selasa (22/6/2021), mengumumkan MicroMentor Indonesia (MMI) telah menjadi komunitas relawan mentor dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) MicroMentor terbesar di dunia.

Sejak awal dimulai, program ini telah menjangkau hampir 27.000 UMKM dan 20.000 relawan mentor di Indonesia. Program ini juga telah mencapai 50.000 interaksi dengan UMKM dam pendampingan relawan lewat berbagai kegiatannya.

Saat pandemi, UMKM di Indonesia tentu sangat merasakan dampaknya. Menurut survei dari Bank Sentral Indonesia, ada 87,5% UMKM yang terkena dampak COVID-19.

"UMKM berperan penting dalam mendukung perekonomian Indonesia dan pendampingan UMKM sangat dibutuhkan agar pengembangan UMKM menjadi lebih kompetitif dan tangguh, terutama saat pandemi COVID-19," kata Lauren Sulistiawati, selaku Presiden Direktur Bank Commonwealth.

Program MicroMentor Indonesia ini merupakan bagian dari komitmen Mastercard terhadap Indonesia dengan tujuan memberdayakan 100 ribu masyarakat Indonesia dengan keterampilan agar berhasil dalam ekonomi digital di tanah air.

Mengingat pentingnya UMKM dalam menghadirkan lapangan kerja dan stabilitas ekonomi kepada jutaan masyarakat Indonesia, program ini terbukti sangat penting bagi pelaku usaha dan mentor.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas