Anak terkadang memiliki sifat yang tidak sabaran, bisa jadi ia akan berteriak-teriak dan membuat Moms malu atau tidak enak dengan orang lain. Terkadang juga ini membuat Moms merasa kesal dan marah.

Namun, ternyata, kesabaran anak itu bisa dilatih, lho, Moms. Daripada memarahi anak dan tak kunjung membuat anak diam dan malah menangis, baiknya Moms mulai ajarkan anak cara untuk bersabar.

Cara Melatih Kesabaran Anak

1. Latih anak untuk menunggu

Menumbuhkan sikap sabar bagi anak memang membutuhkan latihan yang terus menerus. Cara yang dilakukan pun sebenarnya cukup mudah, yaknii dengan memberikan kesempatan pada anak untuk berlatih menuggu.

Menurut penelitian, anak yang sabar menunggu merupakan anak-anak yang memiliki kemampuan untuk mengalihkan perhatian. Misal, bernyanyi atau melakukan aktivitas seru lainnya.

2. Percaya kalau anak bisa mengendalikan sikapnya

Kunci untuk melatik kesabaran anak, yakni memberikan kepercayaan pada anak. Lakukan dengan cara sederhana, seperti ketika anak mengambil buku di lemari dan ingin menaruhnya sembarangan, Moms bisa minta anak untuk mengembalikan buku ke lemari dan jangan lupa untuk melakukan kontak mata.

3. Menanggapi anak dengan penuh kesabaran

Ketika Moms sedang sibuk melakukan aktivitas, dan anak meminta sesuatu, tunjukkan kepada anak apa yang sedang kamu lakukan dan minta anak untuk melakukan hal yang sama. Cara ini membuatnya memahami dan belajar kalau ia harus menunggu, sekaligus melatih anak untuk tidak merengek ketika meminta sesuatu.

Itulah beberapa cara untuk melatih kesabaran anak. Tanggapi anak dengan perilaku yang tenang sehingga anak akan memahami bahwa ada hal lain di luar dirinya yang juga harus diperhatikan. Melalui ini, anak akan terlatih untuk tidak memaksakan keinginannya serta belajar menunggu saat meminta sesuatu kepada orang tuanya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas