Dana pendidikan jadi salah satu hal yang masih banyak disepelekan oleh para orang tua. Padahal jika dana pendidikan tak disiapkan dengan matang, itu bisa membuat keuangan menjadi kacau balau.

Enggak jarang, dana pendidikan anak bisa menguras seluruh tabungan yang dimiliki orang tua. Bahkan ada juga beberapa kasus yang membuat orang tua menjadi berutang untuk mendaftarkan anaknya sekolah.

Mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Dengan kenaikan inflasi biaya pendidikan sekitar 18-20 persen per tahun lho. Dengan perhitungan tersebut, jelas enggak akan terkejar jika hanya mengandalkan tabungan biasa yang mengendap seadanya.

Jadi, kapan waktu yang paling tepat untuk menyiapkan dana pendidikan anak SD? Tentu saja sedini mungkin. Semakin cepat memulai menyiapkan, maka akan semakin cepat tujuan tercapai.

Sebelum membahas cara menghitung biaya pendidikan, berikut ini beberapa hal yang harus moms perlu untuk cari tahu agar dapat menyiapkan dana pendidikan anak SD secara lebih akurat:

1 Hitung Jangka Waktu Menabung

Di jenjang pendidikan SD, umumnya anak mulai kelas 1 di usia 6 tahun. Hitung jarak usia anak saat ini dengan usia saat memulai pendidikan SD nanti.  Misalnya, anak saat ini berusia 2 tahun. Berarti moms dapat mempersiapkan tabungan dana pendidikan SD selama 4 tahun.

2. Tentukan Sekolah yang Diinginkan

Dengan mengetahui sekolah mana yang akan dijadikan tujuan, maka moms akan lebih mudah untuk mencari informasi mengenai biaya apa saja dan jumlah yang dibutuhkan nantinya.  Informasi tersebut dapat membantu moms membuat pertimbangan dalam sistem pendidikan yang sesuai sehingga nanti tak ada risiko terhentinya proses pendidikan anak karena alasan ketidaksesuaian nilai maupun kondisi keuangan.

Baca Juga: Serba-serbi Dana Pendidikan Anak: Haruskah Dipersiapkan dari Jauh-jauh Hari?

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas