Sikap egois memang terkadang sulit dihilangkan apabila mulai hidup dengan pasangan yang memiliki pemikiran yang berbeda dengan kita. Bersikap egois pun sering kali dilakukan dengan secara tidak sadar. 

Tak jarang, hubungan pun berakhir karena adanya sikap egois dari pasangan. Untuk itu, perhatikan beberapa tips ini untuk menghindari sikap egois supaya hubungan rumah tangga kamu tetap langgeng!

1. Belajar mendengarkan orang lain

Belajar untuk mendengarkan pasangan kamu ketika berbicara untuk menghindari sikap egois. Sebelum membalas dengan kata-kata, pahami serta cerna apa yang sedang dikatakan oleh pasangan. Dengan ini kamu bisa bersikap lebih objektif dan enggak gampang emosional.

2. Belajar mengalah dan rendah hati

Dalam suatu hubungan, kamu harus mulai menyeimbangan sikap pasangan kamu dengan belajar mengalah. Tak jarang, pasangan yang bertengkar dikarenakan salah satu dari mereka enggan mengalah. Coba untuk mengalah ketika pasangan kamu sedang marah dan redam masalah agar enggak semakin besar.

3. Posisikan diri kamu sebagai orang lain

Coba pikirkan kamu sedang berada di posisi pasanganmu dan bayangkan apa yang dirasakannya. Memang tidak mudah, tapi dengan ini, kamu bisa belajar berempati dan lebih menghargai orang lain.

4. Berilah orang lain ruang untuk bahagia

Kita cenderung lupa bahwa ornag lain juga memiliki hak untuk bahagia ketika saat memikirkan diri sendiri. Jangan lupa untuk selalu peduli dengan pasangan kamu agar ia bisa merasakan rasa nyaman.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas