Menu

Pasutri Merapat! Ini Rahasia Sukses Mengatur Keuangan dalam Rumah Tangga

Nada Saffana
28 Juni 2021 18:00 WIB
Pasutri Merapat! Ini Rahasia Sukses Mengatur Keuangan dalam Rumah Tangga

ilustrasi pasangan sedang bertengkar (Pexels/ Polina Zimmmerman)

HerStory, Jakarta —

Enggak bisa dipungkiri bahwa keuangan jadi salah satu masalah yang ada di dalam rumah tangga. Jika tak ditangani dengan serius, masalah keuangan bisa picu perceraian lho.

Tentunya hal itu bisa dihindari dengan mengetahui cara mengatur keuangan yang baik bagi suami dan istri. Melansir dari laman Finansialku, berikut ini beberapa rahasia dan kunci sukses dalam mengatur keuangan:

1. Diskusi Soal Uang dengan Pasangan

Hal pertama agar tercapainya pengaturan keuangan yang baik adalah dengan berdiskusi soal finansial dengan pasangan. Diskusi tersebut bisa dimulai dengan mengenai aset, hutang, ekspektasi, hingga aturan main dasar yang sudah disepakati bersama.

Jika lebih ingin maksimal, bisa mengunjungi perencara keuangan agar ada 'pihak ketiga; yang objektif juga sebagai acuan yang bisa menjadi penengah soal masalah keuangan.

2. Buka Rekening Bersama

Memiliki rekening bersama dengan pasangan adalah hal yang banyak menuai kontroversi. Tapi, sebenarnya memiliki rekening bersama bisa membuat pengaturan keuangan lebih tertata.

Selain itu, ketika memiliki rekening bersama maka masing-masing pasangan akan lebih terbuka tentang pengeluaran. Dengan adanya rekening bersama ini kamu juga bisa mencapai target finansial dengan lebih mudah.

Tapi, hal yang paling penting adalah kejujuran. Saat memiliki rekening bersama dengan pasangan, komitmen yang paling dibutuhkan adalah kejujuran terkait pengeluaran bersama.