Pernikahan merupakan hal yang memang menyenangkan ketika baru mulai dijalani. Hubungan pernikahan juga seharusnya menjadi tempat berbagi kebahagiaan serta keintiman. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, ini bisa dikatakan sebagai sebuah toxic relationship.

Berikut beberapa tanda kalau hubungan pernikahanmu sudah berubah menjadi toxic relationship.

1. Tidak ada dukungan sama sekali dari pasangan

Dalam toxic relationship, banyak hal yang mengarah pada hal negatif. Padahal, hubungan yang sehat didasarkan pada keinginan bersama, terutama untuk melihat pasangan bahagia.

2. Selalu sarkas ketika berbicara

Umumnya, percakapan toxic relationship banyak dipenuhi dengan sarkasme, kritik, atau hal lain yang memulai pertengkaran.

3. Cemburu berlebihan

Cemburu merupakan hal yang normal jika terjadi pada setiap orang. Tapi ini bisa menjadi masalah ketika cemburu terjadi berlebihan. Terutama jika kecemburuan ini memicu banyak ketidakjujuran serta kekerasan

4. Terlalu mengontrol perilaku pasangan

Baca Juga: 4 Tanda Kamu Pacaran dengan Orang yang Narsis, Apakah Kamu Salah Satunya?

Dalam hubungan, perlu adanya rasa saling percaya dan kejujuran. Namun, jika pasangan banyak mengontrol dan curiga, ini bisa menjadi pertanda kalau hubungan kamu berada dalam sebuah toxic relationship.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas