Hormon merupakan bahan atau senyawa kimia yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh. Hormon melakukan perjalanan melalui aliran darah dan bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan banyak dalam proses metabolisme.

Hormon ternyata juga berfungsi untuk membantu mengatur suasana hati yang disebut sebagai 'hormon bahagia.' Hormon ini meliputi dopamin, serotonin, oksitosin, dan endorfin.

Berikut cara untuk memaksimalkan hormon bahagia bagi tubuh, dikutip dari Healthline.com, Selasa (29/6/2021).

1. Dopamin

Hormon ini merupakan hormon pembawa kebahagiaan dan kesenangan diri. Dopamin membawa pesan senyawa kimia pada otak yang mempunyai banyak fungsi, diantaranya, motivasi, memori, dan mengatur gerakan tubuh. Untuk meningkatkan senyawa dopamin dalam tubuh, yang kamu perlu lakukan adalah dengan makan enak, tidur cukup, banyak tertawa, olahraga dan meditasi.

2. Endorfin

Senyawa berikutnya, yaitu endorfin. Endorfin merupakan senyawa yang bisa meredakan rasa sakit hingga menimbulkan sensasi kesenangan. Cara untuk meningkatkan hormon ini bisa dengan berolahraga hingga bercinta.

Secara alami, ketika terluka, stres, makan, beraktivitas fisi, tubuh akan memproduksi endorfin. Sehingga sering kali seseorang merasakan mood yang menjadi jauh lebih baik secara instan ketika melakukan hal tersebut.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas