Menu

Si Kecil Tunjukkan Gejala Covid-19? Jangan Panik, Segera Lakukan Hal Ini Moms!

30 Juni 2021 09:30 WIB
Si Kecil Tunjukkan Gejala Covid-19? Jangan Panik, Segera Lakukan Hal Ini Moms!

Ilustrasi anak sakit tenggorokan. (Freepik/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Virus corona atau Covid-19 kini banyak menyerang anak-anak. Namun, Moms enggak perlu terlalu panik saat si kecil menunjukkan gejala Covid-19.

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Aman B. Pulungan menyarankan orangtua untuk enggak panik dan langsung berkonsultasi dengan dokter saat si kecil mengalami gejala ringan, seperti demam dan flu.

Langkah awal untuk menangani anak yang mengalami gejala Covid-19 adalah berkonsultasi dengan dokter secara virtual melalui berbagai platform digital atau dengan pusat layanan kesehatan setempat. Selain itu, lakukan juga isolasi mandiri agar virus enggak semakin menyebar.

"Jika anak punya gejala ringan atau tanpa gejala Covid-19, (orangtua) jangan panik minta ke rumah sakit untuk dirawat. Jangan memaksakan anak untuk dirawat di rumah sakit," kata Aman, seperti dikutip dari Liputan6.com (30/6/2021).

Dengan merawat anak-anak bergejala ringan di rumah, kamu bisa membantu pasien lain yang lebih membutuhkan ruangan. Banyak pasien bergejala berat dan kritis yang membutuhkan ruangan di rumah sakit.

"Kalau mereka (anak-anak) terinfeksi, tapi enggak bergejala atau ringan, sudah rawat saja di rumah, tapi konsultasi dengan dokter," terang Aman.

Baca Juga: Varian Baru Covid BA.4 dan BA.5 Mulai Masuk Indonesia, Ini Gejala Gak Umum yang Harus Kamu Ketahui

Baca Juga: Kemenkes Ungkap Penyebab Kasus Covid RI Naik Lagi: Karena Ada...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.