Ketika anak mulai menginjak usia yang cukup dewasa, Moms mungkin enggak jarang ingin melibatkan si Kecil untuk membantu pekerjaan rumah. Misalnya, membersihkan rumah atau mungkin juga memasak. 

Namun, ketika melibatkan anak dalam proses memasak, Moms pasti memiliki kekhawatiran jika anak melakukan kesalahan yang mungkin akan membahayakan dirinya. Tetapi, sebenarnya, anak tidak akan hanya akrab dengan ragam makanan dan cara measaknya, tetapi juga anak akan belajar keterampilan memasak sesuai dengan usianya.

Menurut International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, memperlajari memasak di usia dini penting untuk meningkatkan kepercayaan diri, memamasak, sikap memasak, dan memengaruhi kualita pola makan anak.

Berikut tips yang aman untuk mengajari anak memasak.

1. Menjaga kebersihan tangan

Aturan dasar sebelum anak belajar memasak, yakni pastikan untuk menjaga kebersihan tangan. Misalnya, sering cuci tangan menggunakan air sabut, jangan menjilat jari setelah menyiapkan makanan, pisahkan makanan mentah dan matang, dan masak pada suhu yang tepat.

Baca Juga: Memberikan Pendidikan Terbaik untuk Anak, Haruskan di Sekolah yang Mahal?

Setelah itu, cuci peralatan setelah digunakan dan jauhkan jangkauan makanan mentah dair makanan yang tidak dimasak.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas