Setiap orang tentu menginginkan hubungan pernikahan yang harmonis, bahagia, dan langgeng sepanjang masa. Ada banyak faktor yang bisa membangun hubungan pernikahan awet.

Kamu dan pasangan harus saling mengerti, saling percaya, dan bisa menghadapi berbagai masalah bersama-sama. Namun, ternyata faktor perbedaan usia juga mempengaruhi langgengnya hubungan pernikahan, lho.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Emory University, perbedaan usia yang terlalu besar dengan pasangan memiliki risiko perceraian yang lebih tinggi dibandingkan pasangan yang seumuran atau perbedaan usia yang sedikit.

Dalam penelitian tersebut melibatkan tiga ribu orang yang sudah menikah paling enggak selama satu tahun. Para ilmuwan menemukan bahwa semakin besar perbedaan usia, semakin tinggi risiko perceraian.

Penelitian itu juga memberikan rincian data yang menyebutkan bahwa risiko cerai sebesar 18 persen jika perbedaan usia pasangan lebih dari 5 tahun. 

Perbedaan usia 10 tahun dengan pasangan memiliki 30 persen risiko perceraian. Selanjutnya, perbedaan usia dengan pasangan sebanyak 20 tahun berisiko cerai sebesar 95 persen. 

Sementara itu, risiko perceraian yang paling kecil dimiliki oleh pasangan yang perbedaan usianya hanya satu tahun atau enggak lebih dari 5 tahun.

Baca Juga: Ini 5 Cara Sederhana yang Bisa Bikin Istri Bahagia, Coba Kasih Kode ke Suamimu Deh Moms!

Meski ada penelitian yang menyebutkan hal tersebut, hubungan pernikahan tetap bisa kamu pertahankan terlepas dari adanya perbedaan usia. Jadi, kalau berjuang bersama pasangan, pasti semua masalah bisa dilewati!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas