Toilet training baiknya dikenalkan pada anak pada usia 18 bulan. Alasannya karena anak usia 18 bulan kemampuan motorik seperti duduk, berjalan dan jongkok sudah baik. Anak juga sudah bisa merasakan sensasi ingin buang air saat usianya menginjak 1 tahun. 

Mengajarkan toilet training juga bisa membuat anak tidak ketergantungan diapers dan bisa lebih mandiri. 

Melansir dari dokteranakku.id, Moms yang baru memulai toilet training untuk anak menggunakan potty trainer (pispot) bisa meletakan pispot di tempat yang menyenangkan bagi anak. Moms juga bisa memberikan reward bila anak sudah bisa melakukannya dengan baik.

Sedangkan jika anak sudah menginjak usia 3 tahun, Moms sudah bisa mengajaknya untuk latihan menggunakan toilet dewasa tak lupa dengan seat khusus anak terlebih dulu juga undakan agar anak bisa mengedan dengan baik. 

Baca Juga: Ini Sederet Cara Membesarkan Anak Bilingual, Bisa Tingkatkan Kecerdasannya Juga Moms!

Hal yang paling penting saat mengajarkan anak dan tak boleh dilupakan adalah Moms harus bisa membuat suasana nyaman dan menyenangkan bagi anak.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas