Stretch mark atau dikenal dengan sebutan striae merupakan permasalahan yang umum dialami oleh para ibu baik saat hamil ataupun pasca melahirkan normal maupun operasi caesar. 

Tampilan stretch mark biasanya berwarna putih, merah keunguna, atau bahkan cokelat, tergantung dari warna kulit. Stretch mark juga biasanya ditemui di area bawah perut, pinggul, dan paha bagian dalam. Stretch mark akan semakin terlihat jelas ketika Moms berhasil menurunkan berat badan setelah melahirkan dan mengecilkan perut setelah melahirkan.

Proses Munculnya Stretch Mark

Perkembangan stretch mark pasca melahirkan bisa disebabkan karena adanya proses peregangan dan penyusustan kulit dalam waktu cepat. Kulit di beberapa bagian tubuh meregang seiring dengan membesarnya ukuran perut.

Perubahan kulit membuat kandungan kolagen yang ada di dalam tubuh pecah dan akhirnya menimbulkan tanda-tanda stretch mark. Dilansir dari American Academy of Dermatology, Moms berisiko memiliki tinggi memiliki stretch mark jika anggota keluarga juga memilikinya.

Pada dasarnya, stretch mark tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi kebanyakan ibu merasa terganggu penampilannya sehingga mencari upaya untuk menghilangkan stretch mark.

Pertanyaannya, apakah stretch mark bisa hilang setelah melahirkan?

Baca Juga: Ingin Pudarkan Stretch Mark Hanya Dalam Waktu 10 Minggu? Coba Bambi Baby Mom's Stretchmark Cream Ini Deh!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas