Akselerasi digital memudahkan masyarakat dalam mencari dan membaca informasi secara daring, termasuk membaca berita hanya melalui smartphone. Menurut riset yang dirilis oleh Nielsen, perusahaan informasi dan pengukuran global, masyarakat Indonesia kini lebih banyak membaca media online daripada media cetak.

Data riset Nielsen tersebut menunjukkan bahwa jumlah pembaca media online mencapai 6 juta orang, sedangkan pembaca media cetak sebesar 4,5 juta orang. Dukungan teknologi yang mempermudah akses membaca semacam ini setidaknya menjadi angin segar untuk meningkatkan literasi di Indonesia.

Meskipun begitu, tak semua pembaca benar-benar membaca informasi atau berita yang mereka dapat, lho. Sebagian masih ada yang membaca sebagian kecil informasi tersebut, bahkan hanya sampai judulnya saja. Ingin tahu lebih lengkapnya, yuk simak tipe-tipe pembaca berita berikut ini.

Baca Juga: Kerugian Orang yang Malas Baca #BacaSampaiTuntas

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas