Sangatlah penting untuk memberi teladan bagi buah hati di hadapannya dengan cara yang benar. Pasalnya, setiap orang tua berharap memiliki buah hati yang tumbuh dengan karakter baik.

Namun, untuk membuat anak bisa memiliki karakter yang baik bukanlah hal yang mudah. Orang tua harus mendidik anak dan diajarkan sejak dini. Berikut adalah 3 cara tepat untuk membentuk karakter si kecil dengan baik, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

1. Jangan berbicara dengan nada tinggi

Saat emosi sedang naik. Hal terpenting yang utama dilakukan yakni menenangkan diri. Jangan sampai emosi orang tua meluap sampai berteriak atau membentak.

Ciptakan cara rileks dengan cara embuskan napas berulang kali agar perasaan lebih tenang. Setelah itu baru bisa kembali mengajak anak berbicara.

2. Hindari memukul

Refleks yang sering terjadi saat orang tua emosi pada si kecil adalah memukul. Namun, hal tersebut sangatlah salah. Sebab, tindakan itu justru mengajarkan anak untuk menyakiti orang lain merupakan hal yang diperbolehkan.

3. Pemilihan kata saat bicara

Hal yang paling sering dilakukan saat emosi sedang naik, yakni berbicara seenaknya. Sebab, berbicara saat emosi cenderung mengungkapkan apa yang sedang dirasakan secara jujur.

Baca Juga: Ajarkan 4 Cara Ini pada Anak Ya Moms, Efektif untuk Tumbuhkan Rasa Percaya Dirinya Lho!

Walau begitu, hal ini harus dihindari terlebih dihadapan si kecil. Bila orang tua mengeluarkan kata yang tidak baik, hal tersebut dapat terekam dalam memori si kecil secara cepat hingga menirunya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.