Ungkapan kasih sayang sejatinya tidak melulu melalui ucapan "Aku mencintaimu". Sebagian orang merasa dirinya tidak merasa dicintai lantaran jarang mendengar pasangannya mengungkapkan kalimat-kalimat manis. Udah tahu belum sebenarnya setiap orang memiliki cara berbeda untuk menyampaikan dan menerima perasaannya. 

Gary Chapman seorang konselor pernikahan Amerika Serikat menuliskan pada bukunya yang berjudul The Five Of Language kalau terdapat 5 bahasa cinta untuk mengungkapkan perasaannya. Ia juga mengatakan kalau apa kamu sampaikan belum tentu akan diterima dengan cara yang sama oleh orang lain. 

Kelima bahasa cinta yang dituliskan Gary diantaranya:

Kata-kata Pujian

Sederhana namun berarti, kalimat "Aku sayang kamu," atau "Terimakasih atas perhatianmu," dengan kekuatan cinta dan ketulusan kalimat tersebut memiliki kekuatan yang begitu besar. 

Sentuhan Fisik 

Sentuhan fisik diyakini dapat mempererat hubungan semakin romantis. Sentuhan fisik ini bisa berupa menggenggam tangan, mengelus atau pun memeluk. Sentuhan fisik juga dipercaya dapat mengatasi konflik dengan mudah. 

Tindakan

Melakukan sesuatu demi pasangan juga merupakan bagian dari bahasa cinta. Melalui tindakan nyata seperti menemani pasangan berbelanja bisa membuat pasangan merasa dicintai. 

Memberi Hadiah

Bukan perihal harga atau nilai barangnya, mereka yang memiliki cara mengungkapkan perasaan dengan cara ini membuat pasangan merasa spesial. Dengan cara mengingat atau membelikan sesuatu yang khas. Hadiah juga dianggap sebagai simbol mengekspresikan cinta. 

Menghabiskan Waktu Bersama Pasangan

Baca Juga: Pasutri Harus Tahu, Ini 5 Bahasa Cinta yang Bisa Bikin Hubungan Rumah Tanggamu Awet!

Menghabiskan waktu bersama juga bagian dari bahasa cinta. Bagi mereka yang memiliki waktu terbatas dan bahasa cintanya merupakan waktu yang berkualitas seperti bertukar cerita, momen inilah yang menjadi cara mengungkapkan dan meyakini bahwa mereka mencintai pasangan.     

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas