Komunikasi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Melalui komunikasi, berbagai persoalan akan bisa diselesaikan jika komunikasi tersebut berjalan dengan efektif. Ini juga merupakan salah satu aspek penting untuk menjaga hubungan, terutama dalam hubungan pernikahan. 

Namun, tak jarang, ketika mulai hidup bersama dengan pasangan, kamu merasa kesulitan bagaimana caranya melakukan komuniksi yang efektif. Apalagi jika kamu sering bertengkar dan menyembunyikan perasaan negatif. 

Oleh karena itu, simak tips berikut untuk menjaga komunikasi yang baik dalam hubungan pernikahan, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (2/7/2021).

1. Jangan menuduh pasangan

Ketika kamu dan pasanganmu mulai mengalami masalah, berhati-hatilah untuk menyalahkan pasangan kamu dan mengucapkan kalimat yang menuduh secara sepihak. Pasangan kamu akan mulai menjadi defensif kalau kamu memberikan pernyataan yang tidak sedang menyalahkannya.

2. Beri kesempatan pasangan kamu bicara dan dengarkan dia

Beri kesempatan supaya pasangan kamu mengatakan apa yang ia inginkan dan cobalah untuk mendengarkannya. Tak jarang, perilaku pasangan yang mungkin membuat kamu marah disebabkan karena kamu salah menafsirkannya.

Baca Juga: Mau Hubungan Lebih Langgeng? Ketahui Cara Tepat Berkomunikasi dengan Pasangan Berdasarkan Golongan Darahnya!

Untuk itu, apapun masalahnya, coba untuk berikan dia kesempatan berbicara serta dengar penjelasannya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas