Banyak orang mengatakan bahwa pernikahan jarak jauh atau long distance marriage enggak akan bertahan lama. Studi menunjukkan bahwa sekitar 75% pasangan yang menikah, berada dalam posisi long distance marriage.

Tentunya ini bukan jadi hal yang mudah, apalagi jika telah memiliki buah hati. Namun, hal ini bisa diatasi dengan beberapa prinsip yang harus dipahami supaya pernikahan jarak jauh tetap berhasil, lho.

Berikut beberapa prinsip yang harus dipahami ketika menjalani long distance marriage supaya hubungan pernikahan semakin erat, dikutip dari marriage.com, Jumat (2/7/2021).

1. Kualitas komunikasi adalah yang terpenting

Komunikasi menjadi hal terpenting dalam sebuah hubunngan. Lonng distance marriage membutuhkan kuatnya komunikasi dalam berbagai hal seperti hubungan antara kamu dan pasangan, hubungan kamu dan anak, serta hubungan antara keluarga dan orang lain.

Komunikasi pada situasi ini tidak melulu harus memberikan kabar setiap jam, melainkan lebih kepada kualitas saat berkomunikasi. Kamu harus memiliki jadwal khusus untuk berkomunikasi sehingga perasaan kamu terhadap pasangan akan terus sama dan semakin bertumbuh.

2. Kepercayaan satu sama lain harus diprioritaskan

Sekalinya kamu memutuskan untuk memilih berada dalam long distance marriage, artinya kepercayaan satu sama lain harus menjadi prioritas. Kepercayaan ini yang harus kamu bangun dan kamu jaga supaya hubungan kamu tetap harmonis.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas