Menghadapi anak yang suka melawan orang tua memang membutuhkan kesabaran ekstra. Salah satu cara untuk menghadapi anak yang keras kepala adalah menanggapi luapan emosinya.

Setiap orang tua, pastinya ingin mendidik anak sebaik mungkin. Oleh sebab itu, dilakukan berbagai cara untuk mendidik anak menjadi pribadi yang penurut dan tak suka memberontak.

Tapi, ada saja hal-hal yang tanpa sadar dilakukan orang tua membuat anak menjadi pemarah. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa cara yang bisa orang tua lakukan agar anak menjadi penurut:

1. Komunikasi

Hal pertama yang harus dilakukan orang tua dalam mendidik anak adalah dengan komunikasi. Apalagi jika anak sudah mulai bisa berbicara dan memahami apa yang dikomunikasikan dengan orang tuanya.

Komunikasi antara anak dan orang tua tentu harus berjalan dua arah. Jika ingin si kecil mendengarkan orang tua, maka orang tua pun harus mau mendengarkan anak terlebih dahulu.

2. Jangan memaksa

Sering diabaikan, tetapi ternyata paksaan pada anak bisa membuatnya menjadi perarah lho. Ketika orang tua cenderung memaksa anak untuk melakukan sesuatu, biasanya si kecil akan memberontak. Hal ini termasuk dalam bentuk pertentangan, salah satu ciri umum dari anak keras kepala.

3. Memberi pilihan

Baca Juga: Ajarkan 4 Cara Ini pada Anak Ya Moms, Efektif untuk Tumbuhkan Rasa Percaya Dirinya Lho!

Anak-anak memiliki jalan pikirannya sendiri dan tak suka diberi tahu tentang apa yang harus dilakukan. Sebagai orang tua harus tetap tenang dan enggak menunjukkan emosi. Lama kelamaan, si kecil mungkin saja akan luluh dan mengikuti kemauan orang tua.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.