Pori-pori hadir untuk dapat mengeluarkan keringat dan minyak yang ada di permukaan kulit. Tetapi, pori-pori yang membesar bisa menyebabkan masalah kulit lain. Jika kotoran, minyak dan sel kulit mati menutup pori-pori, komedo dan jerawat bisa saja muncul pada wajah.

Adanya komedo serta jerawat yang muncul bisa saja membuat kulit terlihat lebih kusam sehingga perlu untuk menemukan cara mengecilkan pori-pori yang tepat agar masalah kulit tersebut tidak dialami.

Berikut cara untuk mengecilkan pori-pori pada wajah, dikutip dari berbagai sumber, Senin (5/7/2021).

1. Teliti dalam memilih produk perawatan kulit

Pilihlah produk dengan label noncomedogenic karena cenderung tidak akan menyumbat pori-pori. Selain itu, untuk kulit berminyak disarankan memilih produk pembersih wajah berbentuk gel. Sedangkan, untuk kulit wajah normal dan kulit kering, pilih produk pembersih wajah yang berbentuk krim.

2. Bersihkan wajah dengan tepat

Selain memilih produk perawatan kulit, kamu juga harus bersihkan wajah dengan tepat. Basuh wajah dengan air hangat, lalu oleskan produk pembersih wajah. Pijat lembut wajah dan laeher dengan gerakan melingkar selama 30-60 detik. Kemudian, bilas dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk handuk lembut ke wajah. 

Baca Juga: Masalah Kulit Yang Sering Terjadi Pada Wanita di Iklim Tropis

Bersihkan wajah dengan cara tersebut setiap pagi dan malam sebelum tidur, ya, Beauty!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas