Banyak orang menganggap sunscreen dan sunblock ini sama karena memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Padahal meskipun terlihat sama, keduanya merupakan sesuatu hal yang berbeda bahkan dari bahan yang digunakan. Apa saja ya, Beauty

Menyadur dari laman health.com pada Senin (5/7/2021), berikut perbedaan sunscreen dan sunblock.

Bahan yang Digunakan

Suncreen merupakan produk yang mengandung senyawa kimia alami sedangkan sunblock mengandung bahan mineral. 

Fungsi yang Dimiliki

Meskipun sama-sama melindungi kulit dari sinar UVA/UVB nyatanya kedua produk ini jika dilihat dari fungsinya berbeda. Dimana sunscreen yang bekerja dengan cara menetralisir pada saat UV masuk ke dalam kulit dan sunscreen akan menyerapnya dan mengubahnya menjadi energi panas jadi tidak berbahaya. 

Sedangkan sunblock bekerja dengan cara memantulkan sinar UVA/UVB seperti cermin sehingga tidak memberikan efek buruk bagi kulit kita. 

Cara Mengaplikasikan

Sunscreen yang bekerja dengan cara menyerap sinar UV ini memerlukan cara dengan digosok. Lain hal dengan sunblock yang hanya perlu mengoleskannya secara merata pada seluruh bagian kulit karena sinar UV dapat mengenai bagian terbuka sekecil apapun.

Jangan Sembarang Menggunakan Sunscreen atau Sunblock! 

Siapapun pasti ingin merawat dan memiliki kulit yang sehat. Dengan begitu Beauty juga perlu memilah produk sunscreen atau sunblock yang sesuai dengan jenis kulit terutama yang memiliki kulit sensitif. 

Beberapa dokter kulit menyarankan untuk menggunakan sunblock bagi kalian yang memiliki jenis kulit sensitif menilik pada bahan yang digunakan. Kendati demikian hal tersebut kembali lagi pada diri masing-masing untuk menentukannya. 

SPF Tinggi Belum Tentu Melindungi Sepenuhnya

Baca Juga: Beauty Merapat! Ini Dia Review Carasun, Sunscreen Baru yang Nyaman dipakai untuk Menikmati Matahari

Setinggi apapun nilai SPF yang terkandung dalam formula sunscreen atau sunblock, bukan berarti kulitmu dapat sepenuhnya terlindung dari paparan sinar UV. Amerika Academy of Dermatology menyarankan untuk menggunakan SPF minimal 30 yang dapat menghalangi 97% sinar UVB.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas