Menu

Masih Banyak yang Belum Tahu, Yuk Kenali Apa Itu Kanker Lidah yang Diidap Almarhumah Ibunda Nunung

20 April 2020 16:30 WIB
Masih Banyak yang Belum Tahu, Yuk Kenali Apa Itu Kanker Lidah yang Diidap Almarhumah Ibunda Nunung

Ilustrasi kanker lidah. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Kabar duka kembali datang dari komedian, Nunung. Ia baru saja ditinggal sang ibu untuk selamanya. Kabarnya ibunda Nunung meninggal karena mengidap kanker lidah.

Penyakit kanker lidah sepertinya jarang terdengar dibandingkan penyakit kanker lainnya. Beauty, apakah kamu tahu penyakit kanker lidah? Atau bagaimana gejalanya? Berikut pemaparannya seperti yang HerStory rangkum dari beberapa sumber.

Baca Juga: Innalillahi, Ibunda Komedian Nunung Meninggal Dunia! 

Kanker lidah adalah bentuk kanker yang dimulai di sel-sel lidah. Beberapa jenis kanker dapat memengaruhi lidah, tetapi kanker lidah paling sering dimulai pada sel-sel skuamosa yang tipis dan rata yang melapisi permukaan lidah.

Kanker lidah adalah salah satu dari beberapa jenis kanker mulut. Seperti kanker lainnya, kanker lidah terjadi ketika sel membelah dengan tak terkendali dan membentuk seperti kutil atau tumor.

Ada dua tipe kanker lidah, pertama jenis kanker lidah yang berada di sekitaran rongga mulut dan jenis kanker lidah yang kedua biasanya terjadi di pangkal lidah ke arah tenggorokan. Jenis ini sering didiagnosis setelah menyebar ke kelenjar getah bening di leher.

Baca Juga: Glenn Fredly Meninggal karena Meningitis! Yuk Kenali Penyebab Meningitis!

Kebanyakan orang yang memiliki kanker lidah biasanya orang dewasa yang lebih tua. Kanker lidah jarang terjadi pada anak-anak. Salah satu tanda pertama dari kanker lidah adalah benjolan atau luka di sisi lidah yang tak kunjung hilang. Warnanya merah muda. Terkadang luka akan berdarah jika disentuh atau digigt.

Selain itu, gejala lainnya ada merasa nyeri di dekat lidah, mengalami perubahan suara seperti terdengar serak hingga kesulitan menelan. Jika memiliki luka di lidah atau mulut yang tak kunjung membaik dalam beberapa minggu segera kunjungi dokter dan berkonsultasi.

Baca Juga: Hati-hati Moms! Sariawan Bisa Jadi Gejala Kanker Lidah Lho, Begini Ciri-cirinya

Baca Juga: Jangan Kaget! Ini 6 Manfaat Kalau Kamu Bersihkan Lidah Secara Rutin, Nomer 5 Wow Banget!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana