Melihat tumbuh kembang si kecil tentu menjadi hal yang berharga bagi orang tua. Salah satunya adalah momen ketika anak sudah mulai bisa mengoceh.

Kata-kata pertama yang dikeluarkan oleh anak biasanya berkisar antara ba ba, da da atau ma ma. Si kecil mulai berbicara dan mengucapkan kata-kata pertama sekitar usia satu tahun. Keterampilan bahasa berkembang secara bertahap seiring dengan perkembangan usia dari bayi hingga balita.

Ada banyak kegiatan yang dapat moms coba untuk membantu bayi atau balita untuk mengembangkan keterampilan berbicara. Dilansir dari laman MomJunction (7/7/2021) berikut ini beberapa kegiatan yang bisa moms lakukan untuk membantu balita berbicara:

1. Bernyanyi

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menstimulasi anak berbicara adalah dengan melantunkan nyanyia. Coba temukan lagu favorit yang disukai anakmu dan nyanyikan lagu tersebut saat ia sedang bermain di tempat tidurnya atau saat kamu sedang menggendongnya. Pilih lagu dengan kata-kata yang mudah dan nada yang menarik.

2. Bercerita

Bercerita adalah salah satu cara paling efektif untuk menjalin ikatan antara orang tua dengan si kecil. Saat kamu bercerita, anak cenderung menyerap kalimat dengan cepat. Bacakan kalimat-kalimat sederhana secara teratur sehingga mereka dapat memahami dan mengulanginya dengan mudah. Kalimat-kalimat yang diucapkan harus memiliki arti dan harus mudah diucapkan. Kamu bisa bercerita soal dongeng karena bisa meningkatkan imajinasinya.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Jika Orang Tua Sering Membentak Anak, Efeknya Mengerikan...

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas