Tren menggunakan rangkaian perawatan berbahan alami semakin diminati wanita karena murah dan mudah ditemukan dan cara pengaplikasiannya. Tapi, jangan terus-terusan berkreasi dengan bahan alami yang disangka paling aman bagi kulit. Nyatanya, tidak semua bahan alami baik bagi kulit, pasti ada aja bikin iritasi bahkan sampai alergi. 

Berikut ini 3 skincare alami yang viral karena dipercayai aman juga sangat bekerja bagi kulit, nyatanya justru membahayakan lho! Penasaran? 

1. Perasan Air Lemon

Perasan air lemon yang diduga bisa mencerahkan kulit karena menganggap adanya kandungan Vitamin C yang sama saja seperti menggunakan Skincare yang mengandung Vitamin C. 

Memang benar Vitamin C bisa membuat kulit menjadi cerah, tetapi jika sudah diolah dengan baik sebagaimana produk-produk skincare diluar saja. Lain hal jika kita langsung mengaplikasikan perasan air lemon yang mengandung Ph sangat asam bisa membuat kulit iritasi seperti kering, kemerahan, bahkan mengelupas. Terlebih bagi Beauty yang memiliki kulit sensitif. 

2. Cuka Apel

Penggunaan cuka apel pada wajah diyakini dapat mengatasi jerawat dan mengembalikan Ph kulit di wajah. Hal ini diduga karena cuka apel mengandung asam asefat yang memiliki efek antibakteri dan antifuncal. 

Tapi nih Beauty, bukti medis akan kebenaran dari cuka apel untuk wajah ini lebih banyak efek sampingnya diantaranya chemical burn, dermatitis, alergi dan iritasi kulit dibandingkan manfaat yang bisa kamu dapatkan. 

Baca Juga: Moms, Ini Manfaat Pakai Skin Care Organik bagi Si Kecil!

Berbicara soal mengembalikan Ph kulit, para peneliti justru membuktikan kebohongan besar dari klaim tersebut. Ih, serem ya, Beauty!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas