Ketika sudah mendekati waktu persalinan, tentu menjadi masa-masa yang paling mendebarkan. Sering kali para ibu hamil merasakan cemas yang berlebihan ketika sudah hamil besar.

Salah satu hal yang dikhawatirkan adalah terkait dengan kontraksi yang dirasakan saat hamil tua. Apalagi jika sedang hamil anak pertama, itu tentu akan menambah kekhawatiran para calon ibu.

Kontraksi merupakan pengetatan dan pengerasan pada otot-otot rahim yang bisa membuka jalur lahir bayi. Rasa sakit atau kram sering dimulai di punggung bawah dan berlanjut ke perut bagian depan. Tapi tahukah kamu ternyata ada kontraksi memiliki berbagai jenis yang berbeda lho. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis kontraksi yang kerap kali dirasakan oleh ibu hamil:

1. Kontraksi Dini

Kontraksi dini adalah kontraksi yang memberikan rasa sedikit kurang nyaman pada kehamilan. Kontraksi ini baisanya terasa seperti kram menstruasi ringan hingga sedang. Ketika kontraksi dini, kondisi serviks melebar menjadi sekitar empat sentimeter.

Beberapa gejala umum yang mungkin dialami saat kontraksi dini, seperti kontraksi yang tak teratur berlangsung sekitar 30 hingga 45 detik dengan interval 5 hingga 20 menit, sakit tumpul di bagian punggung, kram perut disertai rasa sesak, merasa penuh karena adanya tekanan di daerah panggul dan biasanya nyeri menjalar dari belakang ke bagian depan.

Baca Juga: 4 Jenis Gangguan Vagina yang Sering Terjadi pada Ibu Hamil, Moms Catat Baik-baik Nih!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas