Ketika sudah menjadi orang tua tentu ingin anaknya tumbuh kembang sebagai pribadi yang baik. Oleh sebab itu, berbagai cara dilakukan guna mendidik anak secara benar berdasarkan versinya masing-masing orang tua.

Namun, akan ada saja masalah yang dihadapi orang tua saat mendidik anak. Misalnya ketika anak tumbuh menjadi seseorang yang sulit diatur dan kurang patuh terhadap orang tuanya.

Jika hal ini terjadi, biasanya orang tua akan mendidik anak secara keras agar bisa nurut. Tapi, ternyata enggak selamanya kekerasan bisa berhasil membuat anak menjadi patuh pada orang tuanya lho. 

Jika kamu sedang mengalami masalah ini, coba yuk ketahui 3 cara berikut yang bisa membuat si kecil agar menjadi anak yang patuh kepada orang tua:

Jangan dimarahi

Sebagai orang tua, kamu tak bisa menuntut si kecil untuk patuh jika selalu diberi tahu dengan cara dimarahi. Sebaikan hindari membentak serta berteriak di depan anak. Apalagi hal itu dilakukan saat kamu memberi perintah pada anak.

Daripada dengan emosi, kamu harus mencoba untuk meluangkan waktu sejenak dan ajak anak duduk santai bersama sambil menikmati camilan kesukaannya. Ketika keadaan sudah tenang, kamu bisa mulai untuk memberitahu anak terkait hal-hal yang perlu dilakukan.

Dengarkan anak

Hal kedua yang mungkin sering dilupakan oleh para orang tua adalah dengan mendengarkan anak. Banyak orang tua yang merasa superior sehingga hanya mau didengarkan tanpa mendengarkan keinginan anak.

Sebaiknya hal ini mulai pelan-pelan dikurangi ya moms. Sebagai orang tua perlu mendengarkan apa keinginan anak. Saat anak merasa orang tua mendengarkan dirinya maka si kecil akan merasa lebih dihargai dan lebih dipercaya.

Berikan instruksi tegas

Baca Juga: Ini yang Terjadi Jika Orang Tua Sering Membentak Anak, Efeknya Mengerikan...

Hal terakhir yang juga enggak kalah penting adalah dengan memberikan instruksi yang tegas pada anak. Meskipun tegas, moms juga harus tetap memberikan intrusk dengan penuh kasih sayang. Hindari nada suara tinggi seperti berteriak-teriak sehingga anak lebih nyaman untuk menaati nasihat orang tua.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas