Mengurus anak jadi salah satu hal yang paling dinikmati oleh setiap orang tua. Meski begitu, bukan berarti orang tua tak pernah mengalamu masalah saat mengurus anak.

Biasanya orang tua akan merasa kewalahan saat anak sudah mulai rewel. Saat anak rewel dan menangis, banyak orang tua cenderung membentaknya agar tenang. 

Padahal ternyata sebenarnya tindakan membentak anak saat rewel justru berakibat kurang baik untuk perkembangannya lho. Sebetulnya, ada cara-cara yang lebih santun untuk menenangkan anak yang sedang rewel hingga uring-uringan. Apa saja ya?

Ajak Anak Bicara

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan mengajak anak berbica ketika sedang rewel. Dorong anak untuk mengungkapkan kemarahannya dengan berbicara. Verbalisasi emosi itu sehat untuk perkembangan mental si kecil.

Hitung Mundur 

Buat hitungan mundur agar anak bisa diam dan tenang. Benar-benar sulit untuk membuat anak tak berteriak saat sedang rewel. Namun, moms bisa mengajarkan anak dengan hitungan seberapa lama boleh ngambek dan marah. Buat komitmen tersebut saat anak tenang. 

Baca Juga: Moms Agar Si Kecil Tak Tersinggung, 5 Cara Ini Bisa Moms Lakukan Agar Ucapan Lebih Terkontrol

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas
Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.