Kehamilan jadi salah satu momen yang paling membahagiakan dalam hidup. Para orang tua tak sabar menunggu detik-detik kelahiran si kecil. Rasa sayang sudah muncul meskipun sang jabang bayi belum lahir di dunia.

Ternyata sejak bayi masih dalam kandungan mereka bisa merespons apa yang orang tuanya lakukan lho. Mereka senang saat moms mendengarkan musik dan mengajaknya berbicara. 

Selain respons baik yang mereka suka, ternyata ada juga beberapa aktivitas yang biasanya moms lakukan, namun sebenarnya kurang disukai oleh janin yang ada di perut.  Misalnya, jatuh, tertawa terbahak-bahan atau mencicipi makanan tertentu.

Daripada bertanya-tanya, ketahui yuk ini 5 aktivitas yang membuat janin di dalam perut merasa kurang nyaman, namun sering dilakukan ibu saat mengandung:

1. Menyentuh perut terus-menerus

Ketika hamil, perut membesar seiring berjalannya waktu. Tanpa sadar, ibu pasti sering mengelus perut. Ternyata ini bisa membuag janin kurang merasa nyaman lho.

Saat trimester kedua, tentunya bunda senang mengajaknya berkomunikasi. Biasanya, menyentuh bayi dari permukaan perut sangat disukai janin.

Namun, jika mengelus perut secara berlebihan juga sebenernya kurang disarankan. Saat ibu sering menyentuhnya, bayi bisa mulai jenuh dan tam merespon elusan. 

Baca Juga: 4 Jenis Gangguan Vagina yang Sering Terjadi pada Ibu Hamil, Moms Catat Baik-baik Nih!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas
Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.