Di beberapa waktu terakhir, tren investasi memang sedang sering dibicarakan. Informasi seputar investasi belakangan ini pun semakin gencar dicari.

Hal ini bisa jadi didasari dengan adanya pandemi COVID-19 yang membuka mata banyak orang bahwa memiliki uang simpanan sangatlah penting. Apalagi jika hanya mengandalkan uang di tabung yang enggak sebanding dengan inflasi.

Dengan begitu, banyak orang yang melek investasi. Salah satu jenis investasi yang populer adalah saham. Saham dipilih sebagai instrumen investasi yang bisa memberikan keuntungan atau hasil relatif tinggi, jika dibandingkan jenis investasi lainnya. IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan pun mencatat kenaikan selama 14 tahun terakhir ini, sekitar 89% per tahun.

Keuntungan yang menggiurkan itu pun membuat masyarakat berbondong-bondong untuk berinvestasi saham. Tak luput juga para ibu rumah tangga yang memang sehari-hari mengatur keuangan keluarga.

Ibu rumah tangga yang tertarik terjun ke dunia saham, pasti ingin memaksimalkan peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan. Sebelum terjun langsung investasi saham, sebaiknya ibu rumah tangga harus tahu sebenarnya apa saja sih keuntungan yang ditawarkan ketika berinvestasi saham?

Dilansir dari Finansialku (9/7/2021) berikut ini beberapa keuntungan yang didapat ketika memilih saham sebagai intrumen investasi ibu rumah tangga:

1. Capital Gain

Keuntungan pertama yang didapat dari investasi saham berasal dari capital gain. Apasih capital gain itu? Capital gain merupakan kondisi di mana harga saham yang dibeli mengalami kenaikan.

Dengan kenaikan ini, bisa menjadi waktu yang tepat untuk menjual saham yang dibeli dengan harga yang lebih rendah. Itu berarti bahwa selisih antara harga beli dan nilai kenaikan tersebut yang disebut capital gain.

Baca Juga: Jangan Gampang Tergiur, Ketahui Dulu Yuk Ini Ruginya Investasi Saham

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas